Dickynd’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Operator Dasar Dalam C++

Posted by dickynd pada November 10, 2008

Operator merupakan intruksi khusus yang dikenai untuk variable. Operator-operator yang sering digunakan dalam pemrograman adalah operator Aritmatika, Operator pembanding, Operator Logika, dan lain-lain, namun yang akan kita bahas kali ini adalah Operator Aritmatika, Operator pembanding, dan Operator logika.

Operator Aritmatika

Operator Aritmatika merupakan operator yang digunakan untuk fungsi/operasi matematika, operator aritmatika dasar untuk C++ dan tanpa proses include :

* : untuk perkalian

/ : untuk pembagian

% : untuk sisa hasil bagi (modulus)

+ : untuk penjumlahan

: untuk pengurangan

tapi yang akan dibahas kali ini adalah operator aritmatika dasar aja, tapi sekedar pengetahuan saja, operator Aritmatika yang menggunakan file header math.h seperti berikut :

pow(a,b) : untuk pemangkatan

max() : untuk mencari nilai maximal

min() : untuk mencari nilai minimum

sqrt() : untuk menghitung akar suatu bilangan

Contoh Program

listaritmatika1

Output

output3


Operator Pembanding

Operator pembanding digunakan untuk membandingkan antara dua buah variabel. Operator pembanding sering pada saat pengecekan atau statemen if, perulangan atau statemen for, while, do while. Tapi sekarang kita akan membahas dasar penggunaannya dulu. Operator pembanding yang sering digunakan adalah sebagai berikut :

opembanding

Contoh Program

listpembanding

Output Program

ouputpembanding


Operator Logika

Operator logika merupakan operator yang membandingkan hubungan antara dua hasil dari operasi pembanding. Operator logika membandingkan logika hasil dari dua operasi pembanding dan akan melakukan operasi khusus apabila bernilai benar dan apabila bernilai salah maka akan melakukan sebaliknya. Operator yang digunakan dalam operasi logika ada tiga yaitu :

Logika

Keterangan

&&

Logika dan (AND)

||

Logika or (ATAU)

!

Logika not (INGKARAN)

Di bawah merupakan tabel logika dari AND, OR, NOT, yang akan terjadi apabila kondisi bernilai sebagai berikut :

tabellogika


Contoh Program

listlogika

Output Program

ouputlogika

2 Tanggapan to “Operator Dasar Dalam C++”

  1. mpit said

    thx buat referensinya!!

  2. […] Terakhir Fungsi Input dan Out… di Aturan dan Perintah Dasar… mpit di Operator Dasar Dalam C++ Zaycom di Tipe Data Dasar C++ Frida Lidwina di domain gratis dickynd di […]

Tinggalkan komentar