Dickynd’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Menampilkan Kode ASCII dalam C++

Posted by dickynd pada November 23, 2008

Wah… lagi susah mikirin buat Tutorial C++, jadi kali ini saya pengin memberikan TIPS & TRIK seputar pemrograman C++, dan untuk kali ini saya coba membuat bagaimana menampilkan Kode ASCII dalam pemrograman C++, dimana suatu proses mengubah nilai number menjadi suatu karakter khusus/simbol yang ada dalam keyboard.

ASCII (American Standar Codes for Internasional Interchange) adalah merupakan kumpulan kode-kode yang dipergunakan untuk interaksi antara user dengan komputer. Jadi secara kasarnya, interaksi antara user dengan komputer dengan menggunakan hardware keyboard sebagai alat interaksi. ASCII merupakan karakter-karakter khusus yang dapat diinputkan melalui keyboard seperti angka, haruf, symbol, symbol grafis, dan kode komunikasi. Kode ASCII merupakan kode angka sebanyak 255 buah, dimana setiap angka mempunyai karakter khusus. 1 kode ASCII mewakili/mempunyai/berukuran nilai 1 byte (8 bit).

Tips : Melihat Kode ASCII dalam pemrograman C++

Catatan : Untuk melihat kode ASCII dari C++ hanya bisa dengan menggunakan file header stdio.h(standar input/output) karena dalam file header tersebut terdapat fungsi-fungsi format untuk input maupun output yang menggunakan fungsi scan format(scanf()) dan print format(printf())

Untuk format input dan output baca Tutorial C++ sebelumnya :”Input dan Ouput Dasar Dalam C++

Source Code

listascii

Penjelasan Program

Untuk menampilkan output kode ASCII maka menggunakan stamtement perulangan for (baca Statement Perulangan). Seperti penjelasan diatas bahwa kode ASCII terdapat 255 kode jadi perulangan akan dilakukan sebanyak 255 kali.

for(x=1; x<=255; x++)

x = 1 merupakan inisialisasi nilai variabel x.

x <=255 merupakan syarat kondisi perulangan berlansung dan apabila bernilai false maka perulangan akan berhenti.

x++ merupakan step dari perulangan.

Jadi dari keterangan diatas perulangan akan berlangsung selama 255 kali

printf(“%i = %c “, x,x);

seperti pada tutorial sebelumnya tentang Input dan Output, jadi format %i berfungsi untuk mencetak nilai integer dari variabel x, sedangkan %c berfungsi untuk untuk mencetak nilai x dengan format character sehingga menghasilkan kode ASCII.

if( x % 10 ==0)

printf(“\n”);

Baris program diatas berfungsi untuk memanipulasi output dimana menggunakan pengecekan if bila nilai variabel x mod 10 = 0 dengan menggunakan operator aritmatika modulus (simbol dalam C++ %) baca operator dasar C++, maka output akan pindah baris atau enter dengan menggunakan karakter khusus escape (\n). Baca Tutorial sebelumnnya statement pengecekan kondisi dan Tipe Data Dasar C++.

Output Program

ascii

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: