Dickynd’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Aplikasi Simulasi :: Antrian SPBU dengan Visual Basic 6.0

Posted by dickynd pada Desember 3, 2008

Posting kali ini kayaknya udah loncat dech, coz sebenarnya saya akan membahas dari dasar dulu yaitu C++, tapi mungkin ini akan lebih dibutuhkan orang makanya saya coba membahasnya, sebenarnya ini tugas saya waktu mengambil matakuliah model dan simulasi waktu SP( Semester Pendek) kemaren, barang kali ada teman-teman yang butuh referensi mungkin ini bisa bermanfaat bagi teman-teman.

Lahirnya SPBU Adalah sebuah era dimana lalu-lintas di Amerika banyak menggunakan kuda ataupun kereta kuda. Setelah ditemukannya minyak dan kendaraan berbahan bakar gasolin maka para pengendara mulai berburu tempat penjualan gasolin seperti toko serba ada ataupun toko besi yang menjual bahan bakar tersebut serta pelumas.

Pada tahun 1907, John McLean seorang manajer penjualan Standar Oil Co (California) di Seattle – kelak menjadi Chevron, mendapatkan ide cemerlang. Ia memasang tangki berkapasitas 30 galon lalu menyambungkannya dengan selang untuk mengalirkan gasolin serta diujung selang ia memasang gelas ukur untuk menakar jumlah gasolin yang akan dijual kepada pembeli. Dengan dilengkapi atap dari kanvas, jalur kendaraan serta meteran untuk mengetahui jumlah bahan bakar yang dijual maka jadilah sebuah SPBU pertama di dunia. Meskipun pada awalnya banyak mendapat perlawanan dari pemerintah lokal karena takut akan bahaya kebakaran namun masyarakat begitu terbuai dengan pelayanan SPBU ini. Tahun 1914, Standard mengoperasikan 34 SPBU dan mereka menyebutnya pada waktu itu dengan istilah berada di 6 kota di California.

Dalam kesehariannya di SPBU sering terjadi antrian panjang, yang dikarenakan oleh jumlah pelanggan yang antri, lama waktu pelayanan, dan jumlah dari SPBU itu sendiri, sehingga banyak pelanggan mengeluh akan kurang nyamannya pelayanan (service) yang dilakukan oleh pihak SPBU, dimana ketika kebutuhan pelanggan akan BBM sangat besar maka akan terjadi antrian yang sangat panjang.

Dari pada panjang lebar, lebih baik langsung masuk aplikasinya aja ya….!

Apliakasi simulasi antrian BBM merupakan simulasi yang menggunakan simulasi system diskrit dimana sistem yang variabel keadaannya berubah secara instan pada titik-titik waktu tertentu atau perubahan variabel keadaannya dari suatu saat ke saat lain tidak kontinu. Dalam satu SPBU mempunyai beberapa mesin pengisian BBM. Untuk interval kedatangan dan lama pelayanan berdistribusi uniform, dimana kita bebas menginput interval dan bilangan tersebut akan dirandom secara random diskrit dengan formulasi rumus yang digunakan :

xi = <a + ((b-a) + 1) x u>

Lama waktu simulasi = waktu mulai sampai dengan selesai, waktu mulai = 0

Rata-rata pelanggan menunggu (dari datang s/d selesai) = total pelanggan menunggu / jumlah pelanggan

Persentase petugas menganggur = total petugas menganggur / waktu simulasi x 100%

Penggunaan mesin pengisi BBM sibuk (Utilization) = Waktu petugas sibuk = 100% – persentase petugas menganggur

Tampilan Aplikasi Simulasi Antrian SPBU

outputawal

Source Code

list

list1

list2

list31

list4

Tampilan Input

inputvb

Tampilan Output Setelah Proses

proses

Catatan : Bagi yang belum ngerti, nanti akan diposting sekaligus dengan Tutorialnya

akan menyusul nanti setelah bahasan Tutorial C++nya Rampung ya……

About these ads

11 Tanggapan to “Aplikasi Simulasi :: Antrian SPBU dengan Visual Basic 6.0”

  1. aji said

    keren cuy…..

  2. afin said

    hahahaha….
    salam kenal temanku yang sudahku kenal…hahahha

  3. dickynd said

    hehe :) walah afin to….hehe

    lam kenal jga ya walau dah knal dekat heheh :)

  4. dickynd said

    mksih ya….., jadi malu nich hehehe :)

    kbetulan aja sich bisa buat :)

  5. wahyu said

    Salam
    kebetulan sekali
    saya lagi butuh neh. oslanya
    Istri saya butuh contoh demo software antrian untul mata kuliah MOSI
    apakah boleh minta program demonya
    kalau boleh, bisa kirim ke email saya
    maaf yah .. sekian terimakasih

  6. dickynd said

    Wahyu ::

    Insyaallah nanti saya kirim ke emailnya bapak

  7. ibeng89 said

    haloo…bos bleh khan gw koments…btw kalau mau tau kapan nech mw desain wordpress lagi bleh ilmunya toh….Ibenk

  8. salam kenal, bagus sekali simulasi nya … boleh juga tuh…!!!

  9. ass..
    saya ingin bertanya,,untuk bil pembangkit uniform tu batasnya angka brp sj y???dan uniform itu dipake saat apa saja???bedanya dg eksponensial dan poisson ap ya??
    kebutalan saya jg dapt tugas ttg simulasi antrian nasabah di bank, dg pembangkit bil random eksponensial, poisson dan uniform diskret.
    apakah ada contohnya untuk program simulasi dengan eksponensial dan poisson??
    klopun ad,bolehkah saya dikirimi ke email saya???
    trimaksih…

  10. salam kenal mas…
    saya boleh minta demo program ini gak mas?
    untuk tugas kuliah saya…
    terimaskasih…
    via email saya ya mas…

  11. Syahrum said

    bagus,,
    brpa hrga jual nya?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: